Senin, 15 Oktober 2018

Menyayangi Anak Yatim akan Dekat dengan Rasulullah

Assalamu'alaikum sahabat...

Ketika berbicara mengenai tentang anak yatim,hal yang paling pertama dirasa adalah "kesedihan"
yaa begitu sedihnya ketika sudah ditinggalkan seorang ayah,walaupun sudah ditingggalkan seorang ayah saya masih sangat bersyukur dan beruntung dari mereka yang sudah ditinggal sejak umur masih kecil,khususnya untuk diri saya sendiri masih bersyukur karena seorang ayah meninggalkan saya diusia 17 tahun yang mana,saya sudah cukup dewasa untuk menjalani hidup yang semakin hari semakin banyak ujian dan cobaannya,yang mana kondisi badan sudah cukup kuat untuk menerima kenyataan hidup bahwa sudah tidak ada lagi sosok seorang ayah yang menemani di samping  anak prempuannya.

Rasulullah bersabda:
“Aku dan pemelihara anak yatim akan berada di surga kelak,sambil mengisyaratkan dan mensejajarkan ke dua jari tengah dan telunjuk nya.” (H,R.Bukhori)

Dalam Islam anak yatim mempunyai kedudukan tersendiri daripada anak-anak lainnya Islam memberikan perhatian yang besar terhadap nasib orang-orang yang lemah, fakir miskin, dan anak-anak yatim. Banyak ayat al-Qur’an dan hadits yang secara khusus menyerukan untuk memerhatikan dan menyayangi mereka, khususnya anak-anak yatim. Misalnya di ayat berikut : …Dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, maka mereka adalah saudaramu..” (QS. al-Baqarah [2]: 220).
Keutamaan memuliakan anak yatim selain mendapatkan  “makanan jiwa”  ternyata berbagi untuk anak yatim dan duafa bisa membuat kita mendapat begitu banyak kebaikan diantaranya beroleh kebaikan berlipat ganda dan dilembutkan hatinya.
  • "Barangsiapa meletakkan tangannya diatas kepala anak Yatim dg penuh kasih sayang, maka ALLAH akan menuliskan kebaikan pada setiap lembar rambut yg disentuhnya" (H.R. Ahmad)
  • "Seseorang mengeluhkan hatinya yg keras kepada Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda : “ Usaplah kepala anak YATIM (dg penuh kasih sayang) dan beri makanlah orang miskin." (H.R. Ahmad)
  •  
  • “Aku dan pemelihara anak YATIM, di syurga seperti ini” kata Rasulullah sambil memberi isyarat dg merapatkan jari telunjuk dan jari tengah beliau." (H.R Bukhari)
  •  
  • “Barang siapa yang mengambil anak YATIM dari kalangan Muslimin, memberinya makan dan minum maka ALLAH akan memasukkanya ke sorga, kecuali bila mereka melakukan dosa besar yg tak terampuni", (syirik- pen) – (H.R. Thurmudhi)
  •  
  • “ Barang siapa yang mengasuh tiga anak yatim, dia bagaikan bangun pada malam hari dan puasa pada siang harinya dan bagaikan orang yang keluar setiap pagi dan sore menghunus pedangnya untuk berjihad fisabilillah. Dan kelak di surge bersamaku bagaikan saiudara, sebagaimana kedua jari ini, yaitu jari telunjuk dan jari tengah". (HR Ibnu Majah)
       MasyaAllah betapa mulia dan istimewanya kedudukan seorang anak yatim dimata Rabb dan Rosulnya,semoga kelak kita dapat menjaga,mengasihi dan menyayangi anak yatim dengan sebaik mungkin aamiin Allahuma aamiin..
  Cintai Dan Sayangi Anak YATIM Mulai dari Sekarang



 Hasil gambar untuk gambar anak yatim







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rasa Sayang Dan Cinta Rosulullah Shallahhualaihi Wasallam Kepada Umatnya

Daripada Abbas R.a Rasulullah bersabda : “ Orang yang pertama dibangkitkan didalam kubur di hari kiamat Yaitu Muhammad Saw. “ JIbril dating...